Senin, 28 Januari 2013

Membuat presentasi dengan Director


1. Buka Program Macromedia Director MX 2004.
2. Klik menu Windows à Panel Sets à Director 8.
3. Pada jendela Property Inspector pilih movie à Atur Stage Size = 640 x 480 à Color hitam.
4. Pada jendela Cast, Klik Choose Cast à New Cast à Isi Name dengan Sound à Create. Lakukan hal yang sama tapi isi name dengan video.
5. Untuk memperkecil tampilan di Stage, Klik Zoom Menu pilih 50%.

MEMBUAT INTRO
1. Pilih Text pada jendela Tools dan tuliskan kata PRESENTASI BIOGRAFI di Stage. Untuk mengatur text tersebut klik text dan tekan enter.
2. Ubah warna text menjadi putih, pilih font arial black, font size 36.
3. Pada Property Inspector pilih Sprite à pada option Ink pilih Background Transparant. Untuk merubah warna pilih pada option Backcolor.
4. Letakkan text di tengah Stage.
5. Pada jendela Score drag frame pertama ke frame 2 dan frame terakir ke frame 25.
Pada Effect Channels double klik di channel transisi pada awal frame sprite yaitu frame 2. Kemudian akan muncul frame properties. Pada Categories pilih Dissolve dan pada Transition pilih Dissolve pixel fast. Pada Affects pilih Changing Area Only. Klik OK.
6. Untuk melihat hasilnya klik tombol play yang terletak dibawah stage.
7. Buatlah teks lagi yaitu “ menggunakan “ dan “ macromedia director “. Lakukan seperti langkah 1 – 6, letakkan frame pertama pada teks “menggunakan” pada frame 10 dan pada teks “macromedia director” letakkan frame pertama di frame 15.
8. Pada frame 25 double klik di channel tempo, lalu muncul frame properties. Pilih Wait for Mouse Click or Key Press yang artinya sebelum ada di klik atau menekan keyboard maka playhead akan diam di frame 25.
MEMBUAT MAIN MENU
Biografi

About
Galeri
Main Menu
Intro

Struktur Presentasi
  1. Seperti yang terlihat pada struktur presentasi maka dibuat 4 halaman yaitu main menu, biografi, galeri dan about. Maka akan dibuat 4 buah marker. Marker adalah penanda antar halaman yang akan memudahkan dalam menghubungkan antar halaman.
  2. Untuk membuat marker klik pada bagian atas dari channel effect yaitu di frame 26. Akan muncul new marker ganti dengan main. Lakukan hal yang sama pada frame 46, 69 dan 76. Pada frame 46 beri nama pada marker yaitu biografi. Pada frame 69 ganti dengan galeri dan frame 76 dengan nama about.
  3. Pada cast, import file main menu.psd, tombol exit.psd, tombol exit2.psd, tombol about.psd, tombol about2.psd, tombol biografi.psd, tombol biografi2.psd, tombol galeri.psd dan tombol galeri2.psd.
  4. Drag main menu.psd ke score yaitu di marker main. Maka otomatis gambar akan muncul tepat di stage.
  5. Drag tombol exit.psd ke score, letakkan dibawah sprite main menu.psd. Pada stage geser tombol exit tepat ditengah lingkaran kecil.
  6. Drag juga tombol biografi.psd, tombol galeri.psd dan tombol about.psd ke score.
  7. Untuk membuat agar pada saat kursor berada diatas tombol, warna tombol berubah maka pilih Menu à Window à Library Palette. Kemudian akan muncul jendela Library. Klik Library List pilih Animation à Interactive.
  8. Pilih dan drag Rollover Member Change ke tombol exit. Maka akan keluar parameter Rollover Member Change, dari list pilih tombol exit 2 kemudian OK.
  9. Lakukan langkah 7 dan 8 untuk tombol biografi, galeri dan about.
  10. Untuk melihat hasilnya silahkan tekan play. Playhead akan berjalan terus dan kembali ke intro. Agar playhead berhenti maka pada frame terakir yaitu frame 45 diberi script.
  11. Double klik pada channel script pada effects channels di frame 45. Maka akan muncul jendela script. Isikan dengan script dibawah ini.
on exitFrame me go the frame end
  1. Agar tombol tersebut sesuai dengan namanya yaitu exit/keluar maka perlu di beri script lagi. Klik kanan pada sprite tombol exit lalu pilih behaviors. Kemudian muncul Behavior Inspector. Klik Behavior Popup (tanda +) pilih new behavior, isi name behavior dengan exit klik OK. Kemudian pilih Event Popup à Mouse Up. Klik Action Popup à Navigation à Exit.
  2. Untuk memberi perintah pada tombol biografi lakukan seperti langkah 11 tapi pada Action PopUp pilih Navigation à Go to marker. Lalu muncul jendela specify marker, pada list go to marker pilih biografi, klik OK. Terapkan juga untuk tombol galeri dan about.
  3. Sekarang saatnya membuat animasi sederhana. Pada cast import flare.jpg, pada image option pada color depth pilih stage 24 bits pilih ok.
  4. Drag flare.jpg ke score. Pada Property Inspector pilih Sprite, pada option Ink pilih Add Pin. Klik pada frame terakir yaitu frame 45, pada property inspector ubah nilai rotation menjadi 90.
  5. Agar cahaya tersebut berputar maka playhead harus melakukan Looping dari frame 45 ke frame 26. Maka script pada frame 45 tadi harus diganti menjadi :
on exitFrame me go 26end
  1. Agar cahaya lebih menarik maka kita letakkan dibawah gambar main menu.psd. Lakukan pengaturan dengan menggeser sprite pada score.
  2. Silahkan tekan tombol play untuk melihat hasilnya.
 Sumber

0 komentar:

Posting Komentar